Belajar Excel : Fungsi Dasar

| Selasa, 04 Juni 2013
Belajar Excel : Fungsi Dasar 


Assalamualaikum wr. wb.
Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit memaparkan tentang fungsi-fungsi dasar dalam microsoft excel, sebagai berikut :
  1. Penggunaan rumus pada excel yang paling mudah yaitu operasi penjumlahan dan pengurangan, caranya cukup gampang yaitu menambahkan sell satu dengan lainnya,, contohnya (=A1+A2)
  2. Sum, yaitu rumus yang digunakan untuk menjumlahkan total dari beberapa range,,
    contohnya saja =SUM(A1:A5)
  3. Min, yaitu rumus yang digunakan untuk mengetahui variable angka yang paling kecil, caranya dengan menggabungkan beberapa range dari yang ingin diketahui jumlah yang paling kecilnya, contoh =min(A2:A17)
  4. Max, merupakan kebalikan dari min, caranya pun juga sama contoh; =max(A5:A15)
  5. Average, merupakan rumus yang digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari suatu deret kolom atau baris. Contoh =Average(A10:A20)
  6. Hlookup, merupakan rumus untuk mengambil rumus dari table secara horizontal. Caranya kita harus menentukan range table yang akan jadikan pedoman, dan kemudian tekan f4 di range tersebut guna untuk mengunci range tersebut agar nantinya ketika dicopy rumusnya tidak error. Yang harus dilakukan yaitu, mengisi lookup value,table array,rowindeksnum,dan range lookupnya
  7. Vlookup, merupakan kebalikan dari hlookup, dengan mengambil rumus secara vertical. Dan caranya pun juga masih sama dengan Hlookup
  8. IF, merupakan penggunaan rumus yang menurut saya agak sulit karena rumusnya adalah yang paling panjang dan juga menggunakan logika, caranya kita harus menentukan terlebih dahulu apa saja yang ingin  dibuatkan logikanya. Kemudian isi logical test, value is true, da kemudian value is false.
Disini saya akan memberikan file excel yang saya buat, kalian bisa menjadikannya sebagai media pembelajaran dengan memperhatikan tiap rumus yang ada pada tabel yang ingin dicari hasilnya entah itu sum, min, average, dll. Bagi yang berminat bisa mendownloadnya disini :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Next Prev
▲Top▲